Contact Us
Support & Downloads

Quisque actraqum nunc no dolor sit amet augue dolor. Lorem ipsum dolor sit amet, consyect etur adipiscing elit.

Dataxet:Sonar Website
d

Metode Analisis Data

Mengenal Analisis Data dan Berbagai Metodenya

Anda dapat mengubah semua jenis data tentang bisnis Anda, pesaing Anda, dan konsumen Anda menjadi statistik yang berharga, penilaian yang tepat, dan prediksi dengan menggunakan sejumlah metodologi analisis sebagai berikut.
Hampir 55% data yang dikumpulkan oleh perusahaan di dunia tidak pernah digunakan untuk analisis. Hal ini tentunya menjadi hal yang cukup mencengangkan, mengingat betapa pentingnya peran data dan social media analytic tool di era yang serba digital sekarang ini. Lalu, bagaimana cara mengevaluasi data dengan benar dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan data yang ada? Apa sebenarnya analisis data itu? Pada dasarnya, analisis data atau data analytics adalah proses pembersihan, analisis, dan visualisasi data, dengan tujuan menemukan informasi berharga dan mendorong keputusan bisnis yang lebih cerdas. Anda dapat mengubah semua jenis data tentang bisnis Anda, pesaing Anda, dan konsumen Anda menjadi statistik yang berharga, penilaian yang tepat, dan prediksi dengan menggunakan sejumlah metodologi analisis sebagai berikut.  

Analisis Teks: Apa Yang Sedang Terjadi?

Analisis teks, juga disebut penambangan data, menggunakan pembelajaran mesin dengan pemrosesan bahasa alami atau natural language processing (NLP) untuk mengatur data teks yang tidak terstruktur sehingga dapat dianalisis dengan benar untuk mendapatkan informasi yang berharga. Contohnya di media sosial, Anda juga dapat menganalisis topik yang sedang tren dengan menggunakan social media analytic tool. Analisis teks dapat mengatur teks berdasarkan topik, mengekstrak kata kunci, dan membaca emosi dan niat dengan mengubah bahasa manusia menjadi data yang dapat dibaca mesin. Ini menjelaskan “Apa yang sedang terjadi” dengan data spesifik yang sering berubah-ubah. Ini memberikan perspektif yang lebih rinci dan terfokus pada potensi penyebab sebuah peristiwa.  

Analisis Deskriptif: Apa Yang Terjadi?

Ketika memeriksa data kuantitatif, data analytics deskriptif menjawab pertanyaan, “Apa yang terjadi?” Dengan menghitung data yang ada seperti mean, median, modus, persentase, frekuensi, dan jangkauan, ini adalah jenis analisis data yang paling sederhana dan paling banyak digunakan untuk menggambarkan, meringkas, dan mendeteksi pola. Dalam kebanyakan kasus, analisis deskriptif berfungsi sebagai dasar untuk analisis data lebih lanjut. Untuk membuat laporan pendapatan dan dasbor KPI, analisis deskriptif tidak diragukan lagi sangat membantu. Namun, metode ini tidak dapat menjelaskan mengapa atau bagaimana angka-angka itu muncul, karena hanya tertarik pada analisis statistik dan angka absolut.  

Analisis Inferensi: Apa Yang Terjadi?

Dengan membandingkan statistik dari kelompok dalam seluruh populasi, seperti populasi suatu negara, basis klien yang ada, peserta dalam studi medis, dll., analisis inferensial membuat generalisasi atau hipotesis tentang “Apa yang terjadi?”. Teknik yang paling populer untuk menggunakan statistik inferensial adalah memperkirakan teori dan pengujian hipotesis. Analisis inferensial sering digunakan dalam riset pasar untuk membandingkan dua variabel dalam upaya menarik kesimpulan, seperti jumlah uang yang dikeluarkan oleh pelanggan pria dan wanita atau oleh kelompok usia yang berbeda. Sebagai alternatif, metode ini dapat digunakan untuk polling sampel yang representatif dari populasi dalam upaya untuk mengekstrapolasi temuan ke seluruh populasi. Dalam skenario ini, perhitungan yang akurat harus dibuat untuk sampel yang representatif dari populasi.  

Analisis Diagnostik: Apa Penyebabnya?

Mengapa “X” terjadi? adalah pertanyaan yang coba dipecahkan oleh analisis diagnostik, yang sering disebut analisis akar penyebab. Dengan media monitoring, Anda menemukan pola atau variasi dalam data, metode ini mencoba menemukan penyebab atau alasan di balik statistik dengan memanfaatkan informasi dari analisis statistik. Analisis diagnostik dapat berguna untuk memahami perilaku konsumen, seperti menentukan apakah strategi pemasaran benar-benar meningkatkan penjualan. Contoh lain penggunaan analisis ini yaitu untuk mendeteksi penyebab penurunan dramatis dalam keluhan pelanggan. Bisa jadi penyebabnya adalah hadirnya karyawan baru baru, atau peluncuran tool antarmuka online baru, atau bertambahnya fitur produk tertentu. Analisis diagnostik dapat membantu menentukan korelasi antara kemungkinan penyebab ini dengan data yang ada.  

Analisis Probabilitas: Apa Yang Mungkin Terjadi?

Analisis prediktif membuat asumsi tentang peristiwa masa depan berdasarkan fakta yang diketahui. Apa yang “mungkin terjadi” adalah yang menjadi perhatian utamanya. Metode ini sering digunakan dalam analisis penjualan untuk memprediksi perilaku konsumen dengan menggabungkan informasi demografis dan pembelian dengan sumber data lain. Misalnya, kemampuan perusahaan untuk beroperasi di lokasi tertentu akan terpengaruh jika demografi daerah itu berubah. Di sisi lain, pelanggan tertentu akan dapat membeli lebih banyak produk perusahaan tersebut saat pendapatan mereka meningkat. Analisis prediktif sering kali melibatkan sejumlah besar dugaan ekstrapolatif, tetapi semakin banyak informasi yang dimiliki tentang demografis atau konsumen tertentu, semakin akurat prediksi tersebut.

Analisis Preskriptif: Tindakan Yang Disarankan

Jenis analisis yang paling canggih adalah analisis preskriptif, yang menggabungkan semua data dan analisis yang ada untuk menghasilkan rekomendasi model untuk tindakan apa yang harus diambil. Analisis preskriptif mencoba mengevaluasi banyak skenario, meramalkan hasilnya, dan memilih tindakan terbaik berdasarkan hasil. Analisis preskriptif merupakan pusat dari kegiatan data analytics, dan kecerdasan buatan adalah salah satu contohnya. Analisis preskriptif dimungkinkan oleh AI, yang dapat memproses sejumlah besar data, mempelajari cara menerapkannya, dan sampai pada kesimpulannya sendiri yang terinformasi dengan baik. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana Sonar melakukan analisis data Bahasa Indonesia menggunakan social media analytic tool untuk menemukan insight yang berharga bagi perusahaan Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami. Sumber
  1. https://monkeylearn.com/blog/data-analysis-methods/
  2. https://monkeylearn.com/blog/data-analysis-examples/

Related Articles

Speak to us

Let's talk about what media intelligence can do for you

Dataxet:Sonar Website Table